UMKM BUDIDAYA IKAN MUJAIR DI DESA DAWUHAN KULON

UMKM BUDIDAYA IKAN MUJAIR DI DESA DAWUHAN KULON

Banyumas, 31 Agustus 2022

Budidaya ikan mujair saat ini termasuk salah satu usaha yang telah dijalankan banyak orang. Di Desa Dawuhan Kulon sendiri, ada beberapa kelompok usaha yang membudidayakan beberapa ikan salah satunya ikan mujair. Dengan banyaknya sumber air yang melimpah dan tersedianya lahan yang strategis, sangat memungkinkan untuk melakukan budidaya ikan.

Budidaya ikan di Desa Dawuhan Kulon ini berdiri sejak 2 tahun lalu, tepatnya saat pandemi berlangsung. Di situasi pandemi, budidaya ikan adalah sektor yang potensial untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah menurunnya laju ekonomi. Kelompok Budidaya ikan mujair ini diketuai oleh Bapak Taufik, Pak Bowo, Pak Tarwan dan dikelola oleh warga RW 1, RW 2, dan RW 3.

Di dalam kolam, untuk sekarang ini terdapat sekitar 18-20ribu jumlah ikan mujair yang diurus/dirawat oleh Bapak Puji. Dan untuk pakan pada budidaya mujair ini tersedia di desa, yaitu menggunakan pakan pelet ikan. Nantinya ikan akan siap panen saat usia 3-4 bulanan, dan hasil panen yang sudah dijual akan dibagikan ke pengurus dan anggota kelompok budidaya ikan.

Related Posts

Komentar