PENANGKARAN BUAYA DI DESA DAWUHAN KULON

PENANGKARAN BUAYA DI DESA DAWUHAN KULON

Bagi masyarakat luas belum banyak yang tahu bahwa terdapat penangkaran buaya didesa Dawuhan Kulon, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Tempatnya yang cukup tertutup dan tersembunyi membuat masyarakat luas belum banyak yang tahu. Penangkaran milik bapak Fatah Ahmad Suyanto ini sudah memiliki ijin dari pemerintah.

Di penangkaran ini terdapat 42 ekor buaya. Sebagian besar buaya-buaya tersebut merupakan indukan dengan ukuran cukup besar yaitu rata-rata 3,8 meter. Adapula beberapa anakan buaya yang masih berukuran kecil. Terdapat beberapa jenis buaya diantaranya buaya muara dan buaya papua. “Terdapat buaya yang berumur 20-an tahun” tutur bapak Yanto selaku salah satu pengelola. Tak heran jika ukurannya begitu besar.

Jika buaya-buaya ini bertelur nantinya akan disebarkan ke daerah-daerah lain juga sebagai upaya pelestarian. Saat ini tempat penangkaran buaya tersebut belum dibuka sebagai objek wisata, hanya masyarakat sekitar terutama anak-anak yang biasa mendatanginya untuk melihat buaya-buaya disana. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan jika suatu saat akan dibuka sebagai objek wisata. Karena ini merupakan potensi di desa Dawuhan Kulon yang tidak banyak dimiliki oleh daerah lain, bahkan belum dimiliki desa lain di Kecamatan Kedungbanteng.

Related Posts

Komentar