MENGETAHUI LEBIH DALAM UMKM DI DAWUHAN KULON

MENGETAHUI LEBIH DALAM UMKM DI DAWUHAN KULON

Terdapat beberapa UMKM yang terdapat di desa Dawuhan Kulon seperti produksi tempe hitam, produksi rengginang, produksi emping melinjo, dan produksi pupuk cair. Namun untuk UMKM yang menjadi ciri khas dan potensi di desa Dawuhan Kulon saat ini yaitu produk tempe hitam, rengginang, dan emping melinjo.

Untuk tempe hitam tidak banyak orang yang memproduksinya, namun tempe hitam ini yang merupakan ciri khas yang hanya dimiliki oleh desa Dawuhan Kulon. Tempe hitam ini dibuat dari bahan dasar kedelai hitam. Tempe hitam ini biasanya dibuat menjadi berbagai sajian makanan seperti mendoan, keripik, ataupun kering tempe.

Kemudian ada pula rengginang sebagai potensi produk unggulan di desa Dawuhan Kulon. Untuk rengginang cukup banyak warga yang memproduksinya, namun pemasarannya masih dalam lingkup Banyumas dan sekitarnya saja. Para pembuat rengginang biasanya menjual produknya dalam bentuk mentah, dikemas dengan menggunakan plastik ukuran seperempat. Rasanya yang gurih membuat makanan ini banyak digandrungi oleh masyarakat sebagai cemilan untuk teman ngopi.

Yang berikutnya yaitu emping melinjo. Emping melinjo ini menjadi produk unggulan di desa Dawuhan Kulon yang paling banyak diproduksi, terutama di RW 03. Terdapat beberapa perkebunan pohon melinjo di RW 03 yang menjadi bahan utama pembuatan emping melinjo. Maka dari itu terdapat banyak warga yang memproduksi emping melinjo ini karena tersedianya bahan baku disana. Kebanyakan emping melinjo disini mayoritas hanya memiliki satu rasa yaitu original. Namun, ada beberapa juga yang sudah memiliki varian rasa seperti asin gurih. Untuk pemasaran emping melinjo ini masih sama layaknya rengginang yaitu masih meliputi Banyumas dan sekitarnya. Mereka pun menjual emping melinjo dalam keadaan mentah. Biasanya mereka menjual kepada pengepul yang rutin datang kerumah masing-masing.

Promosi penjualan yang masih manual yaitu hanya melalui mulut ke mulut yang menjadikan pasar dari produk-produk diatas belum merambah jangkauan yang lebih luas. Jika anda mencari tempe hitam, rengginang, dan emping melinjo datanglah ke Dawuhan Kulon, tempat yang tepat untuk mencari produk-produk diatas. 

 

Related Posts

Komentar